Senin, 08 September 2008

13 Cara Untuk Pelihara Bumi

Slogan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang bertepatan dengan tanggal 5 Juni 2008 adalah “CO2 Kick the Habit, Towards a Low Carbon Economy”. Isi slogan tersebut mengajak kita semua penduduk Bumi untuk bersama-sama mengurangi polusi akibat karbon dioksida. Cara paling mudah untuk mencegah lepasnya karbon dioksida di udara adalah dengan memelihara pepohonan dan menanam pohon lebih banyak lagi.

Pohon mampu menyerap karbon dioksida yang beredar di udara dan menyimpannya melalui proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Semakin muda usia pohon maka semakin tinggi pula kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida.

Gerakan menanam pohon di Indonesia terus dilakukan oleh berbagai kalangan dan gerakan semacam ini perlu terus didorong sehingga semakin banyak polusi karbon dioksida di udara yang dapat diserap. Sebenarnya gerakan menanam pohon hanya merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan Bumi. Setidaknya ada 13 cara untuk dapat memelihara Bumi sebagaimana telah diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup pada tahun 2007. Ke-13 cara pelihara Bumi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mulai dari diri sendiri untuk peduli akan masa depan lingkungan yang lebih baik dengan selalu mencari tahu perkembangan terbaru perubahan iklim dari berbagai sumber informasi. Kemudian pengetahuan tersebut disebarluaskan kepada orang lain.
2. Hemat energi listrik. Contohnya dengan cara mematikan dua lampu pada malam hari, membeli barang elektronik hemat energi, mencopot charger ponsel dari colokan listrik bila sudah tidak dipergunakan.
3. Memilah sampah. Selain memilah sampah organik dan nonorganik, sampah juga tidak perlu dibakar karena akan mengeluarkan gas yang dapat menimbulkan pencemaran tanah dan udara. Sampah organik dapat dibuat pupuk, sedangkan sampah nonorganik dapat didaur ulang atau dijual kepada pihak yang memerlukannya.
4. Gerakan hemat bahan bakar minyak (BBM) dan bijak menggunakan moda transportasi.
5. Hemat air. Untuk dapat menghemat air gunakan air secukupnya di kamar mandi.
6. Hindari pemakaian plastik karena untuk menguraikan plastik diperlukan waktu sekitar 1000 tahun.
7. Melakukan daur ulang.
8. Lakukan gerakan kembali ke alam seperti memperbanyak penggunaan bahan alami.
9. Giat menanam pohon dan berkebun.
10. Melakukan wisata alam karena berlibur di alam terbuka akan dapat membuat seseorang menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.
11. Selalu membawa makanan dari rumah. Pada saat ini banyak penjual makanan yang menggunakan styrofoan sebagai wadah makanan. Karena itu membawa makanan dari rumah akan dapat mengurangi penggunaan bahan yang sulit diuraikan tersebut.
12. Menggunakan produk lokal ramah lingkungan.
13. Menjadi pejuang lingkungan. Cara paling mudah untuk menjadi pejuang lingkungan adalah meminta orang terdekat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan menjalankan 13 cara untuk memelihara Bumi tersebut maka tidak hanya pencemaran karbon dioksida yang dapat dikurangi tetapi juga kerusakan Bumi akan dapat dicegah.* (Ahmad Jauhari)

Tidak ada komentar: