Senin, 08 September 2008

Cegah Perusakan Lapisan Ozon

Chloro fluorocarbon (CFC) adalah jenis bahan dasar yang digunakan pada sistem pendingin udara atau disebut refrigerant. Pada saat ini sistem pendingin memegang peran penting dalam kehidupan manusia, baik skala besar untuk kepentingan industri maupun skala kecil untuk keperluan rumah tangga. Mulai dari lemari es, freezer, AC ruangan, AC mobil dan lain-lain merupakan benda-benda yang tampaknya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern.

Secara ilmiah dari hasil penelitian menunjukkan bahwa CFC memiliki kontribusi dalam penipisan lapisan ozon. CFC termasuk refrigerant sintetis yang mengandung senyawa yang mempunyai efek negatif terhadap lingkungan seperti merusak lapisan ozon dan sifat menimbulkan pemanasan global.

Mengingat sifatnya yang merusak lingkungan tersebut maka CFC harus diganti dengan refrigerant lain yang lebih aman terhadap lingkungan. Salah satunya adalah hidrokarbon yang dikembangkan sebagai refrigerant pengganti CFC. Penggunaan refrigerant hidrokarbon terus meluas ke berbagai negara di kawasan Eropa, Amerika dan Asia Pasifik dan dewasa ini telah banyak dikenal berbagai merek refrigerant yang dihasilkan oleh berbagai negara.

Salah satu jenis refrigerant hidrokarbon adalah Musicool yang dihasilkan oleh PT Pertamina. Sejak diluncurkannya, Musicool telah digunakan untuk penyejuk udara di sejumlah gedung dan kendaraan. Dengan menggunakan refrigerant yang ramah lingkungan berarti ikut mencegah perusakan terhadap lapisan ozon.* (Ahmad Jauhari)

Tidak ada komentar: