Selasa, 07 Mei 2013

Gerakan Konsumen Hijau

Globalisasi yang melanda dunia telah melahirkan 3 isu utama, yaitu isu hak asasi manusia, demokratisasi, dan lingkungan hidup. Ketiga isu tersebut telah melahirkan pandangan manusia untuk berpikir obyektif dalam kepentingan ekonomi dan politik.
Meningkatnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup serta merosotnya kualitas lingkungan hidup telah melahirkan gerakan perlindungan terhadap lingkungan hidup. Salah satu di antaranya adalah Gerakan Konsumen Hijau yang terus mempengaruhi masyarakat luas agarmengkonsumsi produk yang ramah lingkungan.

Gerakan Konsumen Hijau merupakan salah satu bentuk aksi sebagai implementasi dari kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya, yang semakin lama semakin memprihatinkan sehingga memerlukan solusi konkrit yang datangnya dari masyarakat konsumen.
Konsumen Hijau memiliki prinsip dalam berkonsumsi, yaitu mereka tidak hanya memperhatikan mutu, penampilan, harga, garansi, serta layanan purna jual produk yang akan dibeli, tetapi mereka juga mempertimbangkan masalah ekologi, etika, dan lingkungan hidup.* (Ahmad Jauhari)

Tidak ada komentar: