Jumat, 21 Januari 2011

Upaya Tetap Sehat Sampai Tua


Kesehatan dan kebugaran tubuh sangat didambakan oleh semua orang, termasuk para pekerja. Bagi pekerja, kesehatan dan kebugaran tubuh akan memberikan semangat untuk terus manghasilkan produktivitas yang maksimal. Namun, pada kenyataannya untuk dapat memperoleh kesehatan dan kebugaran tubuh bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi jika lingkungan kerja tidak sehat, tidak aman dan tidak nyaman maka kesehatan dan kebugaran tubuh yang didambakan akan sulit diwujudkan.
Secara umum, penurunan kesehatan dan kebugaran tubuh manusia akan terjadi setelah memasuki usia 45 tahun. Healthday, beberapa waktu yang lalu, mengungkap hasil penelitian yang menyebutkan kesimpulan hal tersebut. Namun, bagi para pekerja yang selalu berada di lingkungan kerja yang tidak bersih dan tidak sehat akan dapat mengalami penurunan kesehatan dan kebugaran tubuh jauh lebih cepat dari usia tersebut.
Sebenarnya penurunan kesehatan dan kebugaran tubuh tersebut dapat dicegah. Healthday menekankan bahwa penurunan kesehatan dan kebugaran tubuh dapat dicegah dengan tetap menjaga berat badan ideal, selalu berolahraga dan menghindari rokok. Hasil penelitian yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine tersebut memang tidak mengejutkan, lantaran telah banyak penelitian lain yang menyimpulkan hasil yang hampir serupa.
Namun, penelitian terbaru itu mengungkap beberapa implikasi yang lebih luas termasuk memberikan peningkatan jumlah dari orang lanjut usia di Amerika Serikat serta semakin meledaknya jumlah orang yang terlalu banyak duduk, kelebihan berat badan serta penuaan. Hasil penelitian ini memperingatkan kepada kita semua, terutama kepada para pekerja yang terlalu banyak duduk dan kelebihan berat badan agar lebih waspada dan lebih berhati-hati.
Subjek penelitian tersebut sebanyak 3.429 wanita dan 16.889 pria mulai usia 20-96 tahun yang telah mengikuti 33 tes kesehatan dengan konsultasi gaya hidup antara tahun 1974-2006. Pengurangan kemampuan saluran pernafasan memang tidak tampak segera. Namun, setelah usia melebihi 45 tahun, maka penurunan kemampuan pernafasan semakin memburuk terutama jika berat badan berlebih, merokok dan jarang berolahraga.
Menurut Andrew Jackson, Profesor dari University of Houston yang memimpin penelitian tersebut, seiring dengan pertambahan usia manusia maka ketahanan tubuhnya akan menurun. Hasil dari penelitian olah fisik fisiologis tersebut merupakan hubungan yang seiring. Ketika tubuh tidak bekerja benar, maka penurunan ketahanan fisik akan lebih cepat. Hal tersebut berlaku untuk pria dan wanita, meskipun penurunan itu lebih cepat terjadi pada pria dibanding wanita.
Andrew Jackson menambahkan bahwa menjaga kesehatan fisik akan dapat membuat seseorang tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya. Hasil penelitian tersebut dapat diimplementasikan terhadap para pekerja. Jika pekerja kelebihan berat badan, tidak aktif bergerak (lebih banyak duduk) dan merokok maka ketahanan tubuhnya akan dapat lebih rendah pada usia yang sebenarnya dibandingkan dengan pekerja yang memiliki berat badan ideal, aktif bergerak (berolahraga) dan menghindari rokok.
          Data hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa manfaat yang dapat diperoleh dari gaya hidup sehat akan sangat terasa ketika memasuki usia 30 tahun hingga 40 tahun ke atas. Bahkan, jika gaya hidup sehat itu dipertahankan, bisa jadi ketahanan fisik seseorang pekerja akan semakin meningkat meskipun pada saat usianya bertambah.
          Ketahanan fisik atau kebugaran seseorang akan dapat menunda terjadinya masalah kesehatan. Jika seseorang yang mengalami berat badan berlebih, tidak aktif dan merokok, maka kemungkinan akan segera menghadapi masalah kesehatan pada usia 50 tahun hingga 60 tahun. Namun, seseorang yang bergaya hidup sehat, kemungkinan baru akan mengalami masalah kesehatan pada usia 70 tahun hingga 80 tahun dan bahkan kemungkinan baru akan terjadi pada usia 90 tahunan.
Penelitian menyimpulkan bahwa jika seseorang ingin tetap bugar dan tetap sehat hingga usia tua maka yang bersangkutan harus berolahraga, menjaga berat badan ideal dan tidak merokok. Menurut Dr. Suzane Steinbaum, juru bicara American Heart Association, terus berolahraga merupakan fakta yang tidak terbantahkan. Jika seseorang tidak melakukan olahraga maka dia akan segera merasakan dampaknya, yaitu dia akan segera sakit. Olahraga merupakan salah satu pengobatan yang paling ampuh.* (Ahmad Jauhari)

Tidak ada komentar: